• MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU
  • #Prestasi Unggul Dan Berintegritas

ROHIS

“Rohis Al-jiddiyah” begitu Rohis MAN 1 Lubuklinggau dikenal oleh kalangan luar, organisasi yang masih sangat eksis ini termasuk organisasi yang sudah sangat lama ada di MAN 1 Lubuklinggau yaitu sejak tahun 2000/2001 yang di pelopori oleh Ida Kurniawati, M.Pd organisasi ini berdiri dengan tujuan mencetak generasi yang pintar dalam hal akademik maupun non akademik namun juga tidak mengesampingkan bekal akhirat yaitu beriman kepada Allah. Saat ini umur dari Rohis Al-jiddiyah telah mencapai dua puluh tahun pastinya telah melewati beberapa generasi dan telah banyak hal yang berubah, semakin tahun rohis Al-jiddiyah semakin banyak mencetak juara diberbagai ajang baik di kota Lubuklinggau hingga luar kota Lubuklinggau di bawah binaan Nurbaiti, M.Pd.I dan Feldi Guswandi, S.Pd organisasi ini berkembang pesat sekarang Rohis Al-jiddiyah telah memiliki banyak alumni yang tersebar di kota Lubuklinggu dan luar kota Lubuklinggau yang masih tergolong aktif dan mematau kinerja dan perkembangan rohis dari tahun ke tahun. Oke tanpa berlama-lama kita langsung saja mengulik penjelasan tentang Rohis Al-jiddiyah langsung dari ketua umum Rohis Al-jiddiyah masa jabatan 2019/2020.

Apa itu Rohis Al-jiddiyah?

“Rohis (Rohani Islam) Al-jiddiyah adalah salah satu dari banyak Rohis yang ada di kota Lubuklinggau yang merupakan wadah untuk mengumulkan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama yaitu ingin memperdalam ilmu agama islam” jelas Andreas Dogeru sang ketua

Bagaimana sistem pertemuan?

“dari kami sudah menyiapkan jadwal untuk mengadakan pertemuan, kami biasa menyebutnya dengan mentoring yang kami pisah hari nya antara ikhwan dan akhwat, untuk akhwat menggelar mentoring pada hari Jum’at sepulang sekolah disetiap minggu nya untuk ikhwan menggelar mentoring pada hari Sabtu sepulang sekolah disetiap minggu nya. Didalam setiap pertemuan anggota akan berkumpul bersama kelompok yang telah dibentuk dengan didampangi oleh murobbiah/murobbi (pembimbing) yang ada. Selain mentoring pada hari Jum’at dan Sabtu terdapat juga pertemuan latihan hadroh pada hari Selasa dan latihan Panah pada hari Sabtu” ungkapnya.

Apa saja agenda khususnya?

“setiap hari besar islam kami selalu mengadakan acara dengan mengundang ustadz termana di kota Lubuklinggau, kami juga berpartisipasi dalam acara besar MAN 1 Lubuklinggau yaitu MCF dan berbagai acara lain yang kami gelar”

Apa sih manfaatnya?

“dengan mengikuti organisasi Rohis sesama anggota dapat memperdalam ilmu agama, berada di lingkungan islami yang akan memudahkan dan mendukung tujuan kita yang satu yaitu menjadi generasi islami yang hebat”

Seperti apa wadahnya?

“organisasi ini bisa untuk siapa saja asalkan mereka mereka mempunyai tekad yang kuat untuk terus belajar, dan kepada mereka yang membutuhkan lingkungan pergaulan yang baik, organisasi ini sangat dianjurkan”

Apa saja prestasi yang telah diraih

“alhamdulillah banyak dari ajang digelar kami berhasil meraih juara seperti Rohis Al-jiddiyah berhasil menjadi juara umum bertahan selama 2 tahun dalam ajang AKAS (Ajang Kreasi Anak Sholeh) tahun 2019 dan 2020 , juara harapan 3 marawis tingkat Sumatera Selatan dalam rangka HUT Kemanag, juara 1 hadroh dalam ajang Ar-risalah Festival 2020, dan segudang prestasi lainnya”

Oke, itu lah tadi berbincangan singkat kami bersama ketua Rohis Al-jiddiyah, sampai sini kita dapat mengetahui betapa eksis nya organisasi ini, ternyata walaupun termasuk organisasi keagamaan namun tetap bisa menyeimbangi organisasi hebat lain di MAN 1 Lubuklinggau. Oke mari kita beralih dari kacamata sang ketua menuju kacamata seorang alumni Rohis Al-jiddiyah sang saat ini telah menjelma menjadi Murobbiah yaitu Noni Oktaviani.

Bagaimana tanggapan mengenai Rohis Al-jiddiyah menurut alumni?

“alhamdulillah Rohis Al-jiddiyah semakin berkembang semakin baik dari tahun ke tahun, jumlah anggota nya semakin banyak semoga akan terus menjadi baik, pesan kami terus jaga kekompakan karena Rohis Al-jiddiyah lahir dari mereka yang selalu bekerja sama saat senang dan susah, dan terus berpegang teguh pada ajaran islam yang lurus”. (Aisyah A)

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
English Club

English club atau yang akrab dikenal dengan sebutan EC merupakan salah satu ekstrakulikuler di MAN 1 Model Lubuklinggau (Mansadel) yang baru baru ini dibentuk. Ekstrakulikuler yang dib

20/05/2020 15:47 - Oleh Administrator - Dilihat 513 kali
Forum Lingkar Pena (FLP)

Forum Lingkar Pena (FLP) salah satu dari sekian banyak ekstrakulikuler di MAN 1 Model Lubuklinggau. Estrakulikuler ini dipelopori oleh Engga Vivitri dan diprakarsai oleh guru bernama H

27/09/2019 16:15 - Oleh Administrator - Dilihat 1038 kali
PMR

PMR

27/09/2019 16:15 - Oleh Administrator - Dilihat 516 kali
PIK-R

PIK-R

27/09/2019 16:15 - Oleh Administrator - Dilihat 531 kali
Rumah Tahfidz

Rumah Tahfidz

27/09/2019 16:14 - Oleh Administrator - Dilihat 508 kali