MAN1KOTALUBUKLINGGAU.SCH.ID Mimbar Guru Semangat Para Siswa XI.4 Saat Praktikum Kimia

Semangat Para Siswa XI.4 Saat Praktikum Kimia

Lubuklinggau, Humas

Siswa Kelas XI.4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 (Model) Lubuklinggau terlihat bersemangat saat melakukan kegiatan praktikum mata pelajaran Kimia dibawah bimbingan Sri Suryani, S.Pd. di dalam ruangan kelas XI.4. (27/02)

Praktikum ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan para siswa-siswi kelas XI mengenai materi Larutan elektrolit dan Larutan non-elektrolit agar para siswa lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru setelah mempraktekannya secara langsung daripada hanya dengan membaca buku saja.

Sri Suryani, S.Pd. atau yang akrab disapa dengan Ibu Yani ini awalnya menjelaskan terlebih dahulu apa yang harus di persiapkan dan bagaimana cara melakukan praktikum tersebut “Pertama siapkan aluminium foil yang sudah dilipat menjadi kecil tetapi berukuran yang panjang, lalu larutkan garam dan air hingga larut, siapkan juga baterai dan bola lampu senter.” Ujar Yani

“Setelah itu lilitkan aluminium foil ke bola lampu senter tadi dan dekatkan bola lampu ke baterai yang sudah dimasukkan kedalam larutan garam tadi, Jangan sampai aluminium foil terkena baterainya, Amati dan silahkan dicatat hasil yang sudah kalian amati.” Tambah Yani saat menjelaskan apa yang harus para siswa lakukan.

Ia juga menjelaskan tidak hanya dengan larutan garam saja mereka melakukan praktikum melainkan juga dengan larutan gula, cuka makan, dan cairan pembersih seperti Vixal atau WPC sebagai pengganti dari senyawa HCl atau Asam Klorida.

Sementara itu salah satu siswa kelas XI.4 yaitu Cahaya Syahdewi Kennada pun mengatakan “Sedikit susah tapi seru banget, susah nya itu waktu nempelin lampu nya ke baterai nya kadang ngga sengaja kena aluminium foil nya jadi harus diperhatiin banget ngerjainnya tapi selebihnya mudah dan seru pastinya.” Ujar Cahaya. Cahaya pun menambahkan bahwa ia senang dengan adanya praktikum ini karena belajar dengan langsung di praktekkan akan lebih mudah dimengerti daripada hanya membaca teori di buku saja dan juga menambah pengetahuan tentang materi yang dipelajari. (qai/ddy)

4 Likes

Author: m@suk2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *